Tenaga Surya untuk Pengairan Lahan di Kab Magelang


Petani menggarap lahan sawah mereka yang sumber air irigasinya didapatkan dari pompa bertenaga surya di Desa Krincing, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (7/9/2020). Pemanfaatkan energi alternatif ini memberikan dampak perekonomian secara nyata bagi warga yang mayoritas hidup dari pertanian.


Panel tenaga surya yang menjadi sumber energi listrik dalam menggerakan pompa air bagi pertanian. Keberadaan fasilitas ini sebagian petani tidak mengeluarkan biaya bahan bakar minyak untuk mesin pompa air.


Mesin pompa dan sambungan pipa air yang setiap kemarau menjadi andalan petani agar tetap dapat menanam. Mereka memanfaatkan aliran Sungai Nglengkong yang berada di bawah area lahan pertanian untuk disedot ke atas.


Jaringan kabel listrik yang menghubungkan panel surya ke mesin pompa air. Seluruh pengerjaan proyek tersebut menggunakan dana desa dengan memanfaatkan tenaga dari warga sekitar.


Sambungan pipa sepanjang lebih dari 500 meter untuk mengalirkan air irigasi bagi lahan persawahan. Warga desa mengandalkan pompa air tersebut lahan mereka tetap produktif ketika musim kemarau.


Panel tenaga surya yang dipasang di sekitar area persawahan untuk menghasilkan sumber listrik bagi pompa air. Pembangunan energi alternatif sebagai penggerak pompa irigasi ini memanfaatkan dana desa.


Air irigasi yang sebagian ditampung dalam saluran untuk dialirkan ke lahan sawah yang membutuhkan.

24 views